Rabu, 14 Maret 2012

Pemograman Lanjut (Praktikum1)

Moh. Zidki Efendi
E3110495
Manajemen Informatika_C

DOSEN : I PutuDodi L., ST., MT
MATA KULIAH : Pemrograman Lanjut

Laporan Tugas Praktikum 1. 

Source Code :

Analisa :
package Praktikum1;
package merupakan tempat atau wadah untuk menampung/mengelompokkan kelas-kelas dalam suatu project 

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.*;
perintah ini digunakan untul memanggil / memberitahukan kepada compiler bahwa kita akan menggunakan semua kelas (tanda * berarti kita menggunakan semua kelas) yang terdapat pada package javax.microedition.

public class MidletPrak1 extends MIDlet implements CommandListener {}
public class MidletPrak1 merupakan nama class Middlet yang kita buat, kita harus membuat subclass dari MIDlet untuk membuat MIDP program. Pada line ini, kita sudah membuat subclass dari MIDlet
dengan memberikan turunan kelas induk dan menamakannya MidletPrak1.Code "implements CommandListener" adalah untuk command/key presses, sehingga program kita mampu menghandle "command" events. Jika kita melakukan implement CommandListener, kita harus membuat method commandAction().

public void startApp() {}    
public void pauseApp() {}   
public void destroyApp(boolean unconditional) {}
Method-method tersebut adalah method yang harus ada dalam java aplication mobile, Tidak seperti program Java pada umumnya dimana method main() hanya digunakan sekali pada jalannya program, method startApp() mungkin akan dipanggil lebih dari sekali dalam daur hidup MIDlet. 
Methode pauseApp() digunakan apabila saat MIDlet sedang berjalan, kemudian ada program lain berjalan sehingga program pertama akan berhenti lebih dahulu dengan menyimpan action terakhir yang sedang proses.
Methode destroyApp() berguna untuk mengakhiri sebuah MIDlet.

display = Display.getDisplay(this);
Baris code diatas adalah variabel properties dari MIDlet. Kita membutuhkan object Display untuk melakukan fungsi memunculkan pada layar (hanya menggunakan satu diplay per MIDlet). 

btnExit= new Command ("Exit", Command.EXIT, 1); 
perintah yang akan kita taruh pada layar agar kita dapat keluar dari program.
btnExit = nama variabel, kita dapat menggantinya sesuai keinginan.
"Exit" = nama tombol yang akan muncul pada output.
Command.EXIT =  perintah untuk keluar dari program.
1 = peletakan posisi button pada layar output.

tb = new TextBox ("Tugas 1", " Hello Mr.Dody\n Moh.Zidki Efendi\n E3110495\n MIF_C\n",70,0);
perintah untuk menampilkan teks pada layar.
"Tugas 1" = titel pada layar.
"Hello Mr.Dody\n Moh.Zidki Efendi\n E3110495\n MIF_C\n" = Teks yang akan muncul dilayar
70 merupakan max character yang dapat muncul di layar, jika kita isi dengan 20 sedangkan charakter yang akan kita tampilkan berjumlah > 20, teks tidak akan muncul pada layar.

tb.addCommand(btnExit);
tb.setCommandListener(this);
Display.getDisplay(this).setCurrent(tb);
Fungsi untuk menampilkan/mengeksekusi perintah btnExit/TextBox yang telah kita buat diatas agar  dapat tampil di layar saat kita menjalankan program.Method display.setCurrent() memberikan informasi ke sistem bahwa kita menginginkan object dalam TextBox untuk dimunculkan ke layar. Kita dapat mendapat tampilah object dengan memanggil method statis Display.getDisplay().

 public void commandAction(Command c, Displayable s) {
 if (c == btnExit) {
 destroyApp(false);
 notifyDestroyed();
}}
commandAction() diatas hanya membaca untuk perintah "Exit". Method diatas akan menghentikan program menggunakan notifyDestroyed() jika perintah "Exit" dijalankan atau ditekan.


Output dari program :

Untuk mendownload source code lengkap program diatas :

3 komentar:

Boegi mengatakan...

keren-keren...
tmbah lagi dunk kalo bisa skrip untuk buat gamenya ya byr ane bs blajar...
hehehe..

Martha Putri R mengatakan...

Untuk mendownload source code lengkap program diatas :
Memulai_Pemograman_Mobile

> itu link a ?

Moh. Zidki Efendi mengatakan...

@ Boegi : Hahah. .sama2 beljar brad,, ntar lw udah tinggi ilmunya baru buat game!!

@ Martha mar :Iye,, buat download source codenya

Posting Komentar